Salatiga, kota mini.

Kota mini yang punya motto “Kota Hati Beriman”. Kota Salatiga adalah kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang, posisinya yang terletak di antara kota-kota besar yang mengapitnya, seperti Kota Semarang, Kota Surakarta dan Kota Yogyakarta sering disebut kota transit karena letaknya cocok untuk singgah beristirahat.

Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu yang membuat kota ini sangat nyaman untuk ditinggali karenanya udaranya yang cukup sejuk dan dingin sekali kalau udah malam hari.

SALATIGA.jpg

Di Salatiga lah tempatku menimba ilmu (jadi anak perantauan) pada tahun 2013 bulan Agustus, berkuliah di Universitas Kristen Satya Wacana dan mengambil kuliah jurusan Teknik Elektro.

Salatiga menjadi saksi tempatku hidup selama kuliah, dimana aku belajar untuk menjadi lebih dewasa, hidup mandiri, jauh dari orang tua, kakak/adik, ya semuanya hanya di Salatiga. Selama di Salatiga yang saya rasakan adalah keberagaman masyarakatnya dan kebersamaan khas orang Jawa (walaupun belum bisa berbahasa Jawa, tapi mengerti ‘sitik-sitik’. hehe 🙂 ). Dan di kota ini terdapat banyak sekali suku dan etnik yang terkumpul jadi satu mulai dari Sabang sampai Merauke, maka sering juga kota Salatiga disebut sebagai ‘The mini of Indonesia’ alias Indonesia Mini.

Kebanyakan orang sering menjadikan nama kota Salatiga sebagai bahan lelucon karna namanya yang agak kurang lengkap ‘ketinggalan -h-‘. Sering terdengar tebakkan seperti: ‘Kota apa yang selalu benar tujuh ?’ Langsung jawabannya ‘Sala-h-tiga’ //Salatiga. 😀

Hmmm.. kalau ditanya tentang apa yang terkenal dari Salatiga ini, ya sedikit banyaknya dulu sewaktu penjajahan Belanda, kota ini dijadikan obyek peristirahatan dengan nuansanya begitu asri dan sejuk khas daerah pegunungan, sampai-sampai mendapatkan julukan “Kota Salatiga yang Terindah di Jawa Tengah”. Hingga sekarang pun, masih dapat ditemui beberapa obyek peristirahatan yang menyuguhkan pemandangan khas pegunungan, contohnya di daerah Kopeng. Jejak-jejak penjajahan Belanda pun kini masih dapat disaksikan dengan masih adanya beberapa bangunan kuno khas Belanda yang dijadikan sebagai cagar budaya.

Tapi kalau ditanya tentang objek wisata yang terkenal di Salatiga ya gimana jelasinnya ya? 😀 Salatiga itu lumayan minim tempat wisatanya karena daerahnya emang agak cukup kecil. Mungkin yang menjadi primadona ya Desa Tingkir dan Kopeng.

Walaupun sedikit objek wisatanya, Salatiga tetap menjadi tempat terenak (aka nyaman) untuk ditinggalin. So, jangan lupa berkunjung ke Salatiga ya 😀

Iklan