Sunday Morning Jogjakarta

Kalau hari minggu ke Jogja, jangan lupa di Jogja ada yang namanya ‘Sunday Morning’ lokasi terletak di area kampus UGM, buka dari jam 7 pagi sampai dengan 12 siang. Banyak sekali pedagang yang berjualan disepanjang jalan dan hampir satu km meter lebih panjangnya. Hitung-hitung olahraga pagi sambil belanja karna pasarnya panjang sekali 😀 lumayan membuat keringatan haha..

IMG_4192
Look! So crowded kan 😀 Pasar minggu di UGM ini memang selalu rame dengan pengunjung. 

Banyak sekali pedagang yang berjualan di sepanjang jalan ini. Ada yang jualan pakaian dalam, aksesoris hp, jual madu asli, tas cowok dan cewek dan lainnya. Dari segi harga ya standar lah ya sama kek ditoko lainnya.

IMG_4200
Sambil belanja sambil olahraga juga ngeluarin keringat haha 😀
IMG_4202
Nah ini dia, OM yang jualan ice goreng di Sunday Morning. Ciri khasnya selalu menyapa dengan ‘Hello..” haha 😀
IMG_4204
Unchhh… Es Goreng dua cuman 5k 😀 Panas-panas di SunMor enak nih sambil ng-es goreng haha
IMG_4216
Ini juga keknya paporit para pengunjung yang datang ke SunMor, yapppss.. Es Kencur (asem, manis). Bagi yang suka kencur datang aja ke SunMor 😀
IMG_4218
Tuh bapak e nungguin kalian buat datang kesana 😀
IMG_4223
Sedikit penampakan pasar SunMor dengan mode Panorama. 

 

 

Menyusuri Kompleks Taman Sari Keraton Jogjakarta

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Wikipedia
Alamat                : Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam buka             : 09.00–15.00
Provinsi               : Daerah Istimewa Yogyakarta
Arsitek                 : Tumenggung Mangundipura, Demang Tegis (legenda)
Gaya arsitektur  : Jawa, Istana
Arsitek bangunan ini adalah bangsa Portugis sehingga selintas seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat di samping makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan. Namun, jika kita amati, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini. Taman Sari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Taman Sari bukan hanya sekedar taman kerajaan.
IMG_4152
Kalau mau datang kesini usahain datang sebelum jam 3 sore ya, karena kalau lebih dari itu wisata ini sudah tutup so kalian akan tetap bisa menyusuri kompleks Taman Sari Keraton ini tetapi melewati jalan samping dan tidak bisa masuk ke dalamnya atau ke water castle.
IMG_4036
Ini penampakan saat pertama kali masuk ke Taman Sari melalui jalan samping. Terlihat bangunan design depannya terlihat menarik dan bagus sekali. 
IMG_4038
Di dalam tempat wisata Taman Sari banyak sekali terdapat rumah warga dan warga yang beraktivitas mengolah kerajinan dan lain-lain. Seperti bapak di atas yang sedang membuat karya seni, tentunya untuk perekonomian warga setempat dan menarik minat turis yang datang kesana. 
IMG_4051
I forgot to find out what is this building exactly. But it’s so cool 😀
IMG_4060
Mereka punya pot bunga yang gede gini dan aku yakin ini juga merupakan peninggalan jaman dahulu. 
IMG_4063
Untuk berpindah tempat ke tempat yang lainnya kita pasti akan melewati pintu yang mungil aka kecil ini. Watch your head karna pintu ini tidak terlalu tinggi. hehe
IMG_4066
Ini adalah gerbang Carik. 

IMG_4068

IMG_4070IMG_4072IMG_4073

IMG_4082
Di kompleks ini banyak lorong-lorong yang menghubungkan bangunan yang satu ke bangunan yang lain. 
IMG_4089
Dinding yang digambar oleh warga setempat. Menarik sekali 🙂
IMG_4091
Buat kamu yang butuh Map, warga sudah menyiap Map biar nggak tersesat di kompleks Taman Sari. 
IMG_4092
Dulu Bapaknya Facebook ‘Mark Zuckerberg’ pernah jalan-jalan ke Taman Sari. OOO wow 😀
IMG_4094
Ini terowongannya gaes.. Banyak sekali terowongannya. 

IMG_4097

IMG_4107
Narsis dikit nggak papa lah ya…

Setelah itu ada bangunan berbentuk lingkaran seperti cincin yang disebut “Sumur Gumuling”. Tetapi nggak bisa masuk karena sudah tutup, buka hanya jam 9 pagi kata warga setempat.

IMG_4110
Ini jalan terowongan menuju ke Sumur Gumuling. 
IMG_4111
Nggak tahu bayarnya berapa. haha
IMG_4138
Hanya bisa memandang dari luarnya saja 😦
Ini penampakan Sumur Gumuling. Source: Wikipedia
IMG_4114
Kalo liat bangunan yang bolong atapnya serasa tinggal di luar negeri. Tapi ini di Jogja gaes haha 😀 Ini merupakan bagian dari Istana Air Taman Sari. 
IMG_4164
So nice 😀
IMG_4129
Where am I ? 😀
IMG_4165
Narsis lagi haha 
IMG_4137
Panorama view komplek Taman Sari. Katanya yang tinggal di sekitaran Taman Sari merupakan kerabat abdi dalem Keraton yang telah turun-temurun. 

Dolan ning Semarang

1.  Klenteng Sam Poo Kong

Sebuah tempat wisata favorit yang ada di Jawa Tengah. Di Klenteng tersebut terdapat sebuah patung Laksamana Cheng Ho, seorang yang sempat singgah/berlabuh di Utara Jawa. Nah, kalo kamu berkunjung ke Semarang jangan lupa datang ke Sam Poo Kong ya karena disana tempatnya cocok sekali buat yang kamu suka selfie pokoknya nggak nyesel karena tempatnya sangat photogenic 😀 Lumayan kan nambah koleksi foto di Instagram. hehe

IMG_3535
Kolam ikan yang membatasi klenteng.
IMG_3536.JPG
Panorama View Sam Poo Kong

IMG_3537

IMG_3542

IMG_3543
Ini dia patung Laksamana Cheng Ho yang diresmikan tahun 2011
IMG_3538
Ada jajanan murah juga di dalam gaes.
IMG_3551
Di dalam juga ada tempat untuk belanja.

2. Lawang Sewu 

Salah satu tempat wisata yang nggak pernah sepi dikunjungi pengunjung yang sedang berwisata. Yang membuat menarik dari Lawang Sewu ini adalah tempatnya yang masih sangat asli dengan bangunan peninggalan Belanda-nya. Lawang sewu ini dekat sekali dengan Tugu Muda Semarang. It’s worth to visit gaes 😀

IMG_3556.JPG
Ini side view bangunan lawang sewu
IMG_3558.JPG
Ini tempat cek tiket pas mau masuk ke dalam area lawang sewu.
IMG_3560.JPG
Nah, ini nih halaman lawang sewu-nya gaes.
IMG_3577.JPG
Keren sekali bukan 😀 Buat selfie manteb banget dah..
IMG_3581.JPG
Ini penampakan pintu yang katanya sampe seribu.. hehe belom pernah ngitung juga sih..mungkin benar adanya 😀
IMG_3582.JPG
Coba itung deh, ada berapa pintu ? wkwk
IMG_3587.JPG
Sekarang salah satu ruangannya difungsikan untuk berjualan di dalam. Jualan kaos dan aksesoris gitu.

Sekian deh cerita dolan ning Semarang-nya. Ini masih Sam Poo Kong dan Lawang Sewu sebenernya masih banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi di Semarang. Tapi ya kemarin cuman dua tempat ini yang sempat dikunjungi. Untuk tempat lainnya akan aku post lagi ya.. Bookmark this page on your browser by click Ctrl + D. haha 😀