FTEK UKSW Batch 2013 Pecah Telor

Congrats Debora Lidya Tamtomo, S.T lulusan pertama FTEK UKSW angkatan 2013You made it!!! Anak teknik elektro terkenal dengan lulusnya yang lama tapi wanita yang satu ini lulus nggak sampai empat tahun. Wow.. si doi merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana, mengambil konsentrasi di Telekomunikasi. Doi lulus dalam waktu tiga tahun sepuluh bulan hampir empat tahun sih.. Dan kita teman-temannya sedang berjuang buat dapatin gelar dibelakang ( S.T ). Buat dapetinnya memang bukan perkara mudah perlu perjuangan, doa ortu, usaha yang keras dan keringat haha *lebay*.

20031652_1337644239685472_194728897992472133_n
Yang pake jas item ya 😀 yang pegang bunga..

Tapi kita bakalan secepatnya nyusul buat dapatin gelar S.T nya ya 😀 Minggu depan bakalan ada satu cewe lagi yang nyusul lulus dari FTEK. Yaya = Atleiyaa Julianita, S.Kom. Wohooo satu lagi wanita tangguh FTEK yang lulus duluan.. Haha 😀 Pemecah telor kedua FTEK UKSW Angkatan 2013.
20108367_1337649849684911_3211009945995310854_n

By the way, itu balonnya kenapa bukan S.T malah I.R karena ditoko tempat jualannya habis.. Jadi yang ada cuman huruf I dan R katanya si Candra sih 😀 tapi podo aja sih sama-sama anak Teknik juga 😀 Mangatsss skripsi-nya teman-teman!!

100 TOP #SDL2017

Sambil magang di Arkana, ikutan lomba Socio Digi Leader 2017 by Telkom Indonesia, yaitu lomba ide kreatif yang ditujukan untuk membantu memberikan dampak positif bagi masyarakat nantinya. Nama team kita BID Warrior (BID disini merupakan singkatan dari nama Bagus, Ikhsan dan Dicky). Ide yang kita lombakan adalah sebuah ide teknologi berupa D’Jamur (Internet of Things for Mushroom) yang berbasis Internet of Things (IoT), dimana ide ini pada dasarnya ingin membantu para petani jamur di Indonesia khususnya untuk dapat menghasilkan kualitas jamur dan produksi jamur yang maksimal. Berdasarkan info yang kami dapat, bahwa pertumbuhan jamur sangat tergantung pada suhu dan kelembaban dari lumbung tempat jamur tersebut dibudidayakan. Nah, dengan adanya D’Jamur ini maka hasil panen para petani jamur dapat lebih maksimal karena alat ini dapat memberikan info suhu dan kelembaban secara real-time dan kontrol suhu/kelembaban dilakukan melalui smartphone dengan bantuan perangkat IoT. Perangkat yang dapat dikendalikan merupakan kipas dan penyiramannya, agar suhu dan kelembabannya dapat stabil pada suhu idealnya 24-27 derajat celcius dan 70-90% kelembabannya.

Kami berhasil lolos pada tahap #1 yaitu 100 T.O.P idea yang terpilih untuk dapat mengikuti kompetisi ke tahap selanjutnya yaitu local internship, presentasi online dan wawancara dengan juri. Jika berhasil melewati tahap presentasi ini dan dinyatakan masuk dalam 25 T.O.P idea dari ide yang lainnya maka kami dapat kesempatan untuk menghadiri 1 minggu boothcamp di Bali untuk diajarkan tentang meningkatkan teamwork, social awareness dan leadership. Minta doa dan dukungan dari teman-teman ya supaya kami bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Our Journey on #SDL2017

Semoga perjalanan kami tidak hanya sampai di 100 besar ini saja tetapi bisa sampai ke grand final walaupun kompetitor ide kami sangat banyak sekali. Mereka juga memiliki ide kreatif yang tidak kalah bagusnya dengan ide kami. Tetapi, harus tetap optimis, pasti bisa! 😀 We can do it! 

Berikut video animasi ide D’Jamur yang kami buat :

Nasib Anak Rantau di Libur Semester

551270-meme-anak-rantau
Meme Anak Rantau xD

Libur semester biasanya biasanya dimanfaatkan mahasiswa untuk refreshing atau liburan atau pulang ke kampung halaman melepaskan penat setelah selama satu semester menjalani kuliah yang membuat pusing kepala. Sebagai seorang anak rantau yang jauh dari rumah ini mungkin tidak berlaku ya. 😀 Biasanya anak rantau yang rumahnya jauh dari kampung halaman lebih memilih untuk tetap di stay di kost-an karena tiket untuk pulang yang sangat mahal. Kalau enggak bisa pulau ya liburan di sekitar tempat dia tinggal, misalnya di Salatiga, ya paling enggak liburan ke Solo, Semarang atau Jogja, ke tempat-tempat yang dekat dan murah untuk dikunjungi.

Tetapi bagaimana kalau anak rantau yang libur semesternya pas ditanggal yang udah tua ya? Waah, ini makin kacau, uang pas-pasan nggak bisa liburan kemana-mana, cuman bisa di kost-an aja. Kerjaan tiap hari selama liburan ya cuman Makan – Tidur – Makan – Tidur  gitu aja terus haha 😀 Kalau ada teman yang sama satu nasib ya paling main ke kost-an teman buat menghabiskan waktu libur yang lama.

Kebetulan beberapa hari ini (22, 25-27 April 2017) di kampus ku ada acara annual Indonesia International Culture Festival (IICF) yang bagi anak rantau lumayan menghibur untuk disaksikan, disana ada beberapa tampilan etnis dan pawai budaya. Melalui acara ini kita disuguhkan berbagai macam keberagaman mulai dari etnis, suku, budaya, dll yang sangat membuatku takjub betapa kayanya Indonesia ini. Dari sini kita belajar sangat beragamnya etnis-etnis yang ada di kampusku, tidak perlu jauh-jauh pergi keluar pulau untuk tahu etnis yang ada di Indonesia, semuanya sudah menjadi satu di acara tersebut. Oiya, sebelumnya nama kampusku itu Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kampus kecil yang terletak di kota yang kecil pula namun adem hehe. Kampusku dikenal dengan sebutan kampus “Indonesia mini”. Karna dari Sabang sampai Merauke semuanya ada disini. Yang penasaran sama acara IICF ini bisa kunjungi web ini Panggil Aku Indonesia or check IG-nya di bawah ini :

 

Ya seperti itulah cerita di libur semester ini dan sebentar lagi awal perkuliahan di semester yang baru akan mulai lagi awal bulan Mei ini.  Tetapi semester ini kuliahku mungkin tidak terlalu sibuk atau bisa jadi sibuk haha.. Sibuk ngurus skripsi dan kerja praktek dan kuliah cuman 1 mata kuliah di hari Senin (2-5 sore) saja. Jadi semester ini lebih banyak nganggurnya I guess. 😀 Yawes Semangat!!!

Situs Telkomsel kena Hack

dfbf5a3d-a5bd-4892-911c-ff43db0289d5_169

Pagi ini dunia maya dihebohkan dengan aksi seorang hacker yang men-deface halaman utama provider telekomunikasi ‘TELKOMSEL’ dengan kata-kata yang kasar yang tidak seharusnya ditampilkan di halaman utama tersebut. Kejadian ini terjadi pada pukul 5 pagi, si doi/hacker mengeluhkan harga kouta internet yang dinilai terlalu mahal (tak hanya itu koutanya pun sudah dibagi antara 2G/3G/4G yang menambah rasa kekecewaan hacker tersebut) dan ada beberapa aplikasi/produk telkomsel yang dinilai “useless”, sebut saja aplikasi videomax dari telkomsel yaitu HOOQ dan VIU yang kebanyakan pengguna telkomsel menyebut tidak merasa perlu adanya kouta HOOQ dan VIU tersebut.

Aksi hacker ini mewakili suara semua konsumen khususnya pelanggan Telkomsel yang selama ini mengeluhkan mahalnya harga kouta internet yang ditawarkan oleh telkomsel, sebenarnya tidak hanya kouta internet yang mahal, harga SMS juga ikutan naik, entah kenapa makin lama makin mahal aja nih operator.

telkomselds

telkomsel
Halaman pencarian Google dengan keyword “Telkomsel”

Setelah kejadian itu situs utama Telkomsel tidak bisa diakses yang digantikan dengan permintaan maaf telkomsel atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Hingga siang ini situs telkomsel sudah bisa diakses kembali namun situsnya masih dalam maintenance sehingga proses akses halaman mengalami loading yang agak lama.   Semoga saja dengan kejadian ini pihak Telkomsel bisa mengoreksi kembali produk dan kebijakan mereka agar pelanggan setia telkomsel bisa tetap memilih telkomsel untuk menjadi operator mereka.

Memang dari segi kualitas dan jangkauan sinyal Telkomsel lebih unggul daripada operator selular yang lainnya, bisa dibilang Telkomsel merupakan perusahaan Telekomunikasi nomor satu di Indonesia, tetapi harus juga memahami perekonomian yang ada di Indonesia, khususnya anak-anak kost-an/mahasiswa haha 😀

Linnaaw Core Group

My little family in Salatiga 🙂 Terima kasih untuk keluarga kecil yang aku dapatkan di Salatiga, sangat bersyukur sekali bisa bergabung menjadi Core Group member of Linnaaw Student Center. Aku tahu ini bukan suatu kebetulan Tuhan mengumpulkan kami disini bersama-sama, tidak kebetulan aku bisa bertemu Joshua, ya Joshua temanku 1 kampus UKSW. Dulu tahun 2014 kita bertemu di suatu acara kampus lomba mendaur ulang sampah, kita menjadi 1 grup, mulai dari situlah Joshua mengenalkan tentang Linnaaw. Awalnya aku cuman tahu Linnaaw itu suatu wadah buat belajar bahasa Inggris, tapi makin jauh aku mengenal Linnaaw, ternyata tidak hanya itu banyak sekali kegiatan yang dilakukan di Linnaaw, salah satunya English tutorial, culture celebration, accoustic night, life group, pelayanan sosial, dll.


Video by Mr Jay

LINNAAW STUDENT CENTERIMG_2759IMG_2774